Sabtu, 18 April 2015

Saya dan 7 Wanita Luar Biasa

Catatan saya si seorang coach kawakan
Saya mulai dari tim kecil aku sekarang, mereka aku nama Spartan. Sekarang saya mau ngebahas tentang wanita wanita super di Spartan. Kenapa harus super karena mereka saya anggap sebagai penopang basket berikutnya.
Dimulai dari sosok kecil sampai yang besar. Berarti dari nama cinta, wisti, age, chelsa, selby, allisa, dan terakhir alifia. Mereka bertujuh, dan mereka adalah penggerak permainan basket Spartan wanita.
Mari kita bahas :
Cinta
Wanita ini mulai bisa bermain basket, mulai mengerti posisi dia di tim itu seperti apa. Mulai mengerti bagaimana cara bertahan yang baik untuk posisinya. Masih banyak kekurangan dalam dirinya, yah al paling kecil dan mendasar dalam basket yaitu passing. Wanita ini masih sulit menentukan mau passing ke rekannya sebelah mana, padahal kalau dia yakin atas kemampuannya pasti dia bisa lewatin musuhnya kemudian memancing lawan yang menjaga temennya kemudian melakukan passing. Kecepatan tangan wanita ini masih lambat kayaknya harus diperbaiki perlahan, tapi gue yakin dia bisa lebih hebat lagi karena dia masih dalam tahap pengembangan.
Wisti
Wanita ini adalah salah satu wanita tertua diantara wanita yang akan saya bahas dalam penulisan saya. Wanita ini sangat luar biasa, bisa memberi semangat buat latihan, bisa juga sebagai penghibur saat latihan, bisa juga jadi wanita yang kurang ajar sama pelatih tapi aslinya dia ini humoris. Wisti ini tipikal ketua genk, gak mau kalah dari wanita lain sebayanya. Saya senang memiliki pemain seperti ini, karena jiwa jiwa seperti ini adalah jiwa kompetitif. Salah satu sifat dari pemenang adalah kompetitif, mau berkompetisi dengan yang lainnya dan mempertahankan kemampuannya. Posisi wisti ini mengingatkan saya dahulu waktu saya masih seumuran dia, posisi disamping point guard bisa bantu point guard dalam hal passing atau bisa mengaliri alur bola supaya tim bisa poin. Kadang juga bisa menjadi point guard. Wanita ini masih belum bisa menyadari posisinya, padahal berkat dia tim akan berjalan mulus kalau tidak mengikuti emosinya. Perlu disayangkan wisti masih belum bisa mengontrol bola saat lay up atau shoot untuk dikonversi menjadi poin, mungkin belum. Saya yakin atas kemampuannya dan saya yakin dia bisa seperti yang saya harapkan.
Age
Wanita ini wanita yang batu banget kalo dibilangin. Dia punya kemauan yang keras dalam hal meraih sesuatu, saya bisa merasakan hal itu. Posisi wanita ini mengingatkan saya dengan rekan setim saya, namanya Samuel. Wanita ini punya potensi berkembang yang sangat pesat mengingat basket sepertinya udah jadi darah dagingnya, kadang teknik sama koordinasi dia masih berantakan. Dia tipikal wanita yang harus dibilangin setiap salah bukan dengan halus tetapi harus teriak. Masalah poin ya saya masih ragu ketika dalam pertandingan dia harus melakukan layup sendirian. Saya juga tidak akan membiarkan wanita ini ada di posisi yang salah dalam bermain basket, pasalnya wanita ini sulit untuk melakukan dribble yang pandangannya lurus mengarah ke ring, lawan ataupun kawan. Perbaikan memang lebih ekstra karena dia sudah bersemangat atas olahraga ini saya juga tidak kalah semangat dari dia.
Chelsa
Wanita ini luar biasa sekali dalam hal kecepatan berlari, bisa dibilang yang tercepat yang saya miliki untuk saat ini. Saya tidak pernah meragukan kecepatan sama poin yang da perbuat, permasalahannya adalah wanita ini panic kala tiba tiba ada musuh yang menjaga didepannya kemudia control bolanya berantakan. Ditambah lagi dia suka bingung kalau saat nyerang Cuma hanya ada dia sendiri di wilayah serang. Padahal emang dia aja yang terlalu cepat berlari. Wanita ini memiliki respon yang baik, tetapi memiliki koordinasi yang buruk. Apa yang ada diotak tidak tersingkron dengan baik pada gerak tubuhnya. Saya mengakui dia akan hebat kalau berani melawan rasa takutnya.
Selby
Wanita ini salah satu yang saya kagumi, melihat kecepatan, tenaga, dan tekniknya gak diraguin Cuma permasalahannya ada pada poin yang dia buat. Dia gak pernah ragu akan apa yang dia lakukan karena itu benar, dia paling berani diatara yang lainnya. Saya masih menunggu dan mengharapkan ada kejutan apa lagi yang bisa dia lakukan, semoga apa yang saya berikan ke dia sesuai dengan porsi dan terbaik buat dia.
Allisa
Wanita lucu dan gemesin yang saya punya, saya tertarik dengan tinggi yang dia punya tetapi dia tidak memaksimalkan apa yang telah dia punya. Ada suatu kebiasaan yang saya sangat ingat sekali, kalo salah pasti dia nengok ke saya lalu senyum abis itu tertawa. Padahal tidak ada hubungannya sama apa yang dia lakukan, entahlah mungkin dia sedikit geser otaknya. Saya masih belum bisa merasakan aura kemenangan dan berjuang dengan wanita ini. Tetapi wanita ini cukup berjuang keras buat menghalangi musuh supaya musuh tidak gampang dalam melakukan poin. Saya yakin, kalau kebiasaan dan kemauan serta niat dia lebih besar dan lebih baik maka saya yakin dia yang saya sangat banggakan di tim.
Alifia
Wanita satu ini besar dan tinggi. Musuh pun takut bila berhadapan dengannya tetapi dia takut ketika musuh dekatnya, tambah lagi dia seperti tidak memiliki gairah atas gerakan yang dia perbuat serta daya juang yang sangat kurang disbanding lainnya. Masalah poin saya percaya dengan dirinya dengan badan seperti itu saya yakin musuh bisa geser dari posisi musuh itu bertahan Karena badannya yang besar itu. Wanita ini cukup diberi tahu bahwa dirinya hebat, bahwa dirinya juga bisa menjadi pemain yang ditakuti dilapangan. Mungkin saya masih banyak pekerjaan untuk memberinya materi yang tepat buat dirinya. Semoga dia cepat berubah untuk jadi lebih hebat dari biasanya.

Sekian pembahasan saya atas wanita wanita hebat yang saya punya, mereka harus tau apa potensi mereka, mereka juga harus tau banyak harapan yang mengatas namakan mereka, dan juga mereka harus tau ada banyak doa yang saya panjatkan untuk mereka ketika selesai latihan. Saya raden ganis saputra, menyayangi wanita wanita hebat ini, dan saya yakin mereka lebih hebat dari yang lainnya. Salam pelatih kawakan, Raden Ganis Saputra #12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar